Home » » Mantan Warek UNMA Banten Jadi Dubes Azerbaijan

Mantan Warek UNMA Banten Jadi Dubes Azerbaijan


  • husnan Kiai

    Dr. KH. Husnan Bey Fananie dua bulan yang lalu dilantik menjadi duta besar Negara Azerbaijan. sosok yang mampu mengusai lima bahasa yakni bahasa Inggris, bahasa Belanda, Urdhu, Bahasa Arab, Bahasa Prancis, dan tentu Bahasa Indonesia. Husnan dilantik sebagai duta besar di Azerbaijan pada Januari 2016 lalu. Husnan merupakan Dubes RI kedua sejak kedutaan besar di Republik Azerbaijan itu dibuka pada tahun 2010. Dia berkomitmen untuk memperkenalkan budaya bangsa Indonesia di negara Eropa itu, selain itu juga mempererat hubungan diplomatik antar-kedua negara baik di bidang politik dan ekonomi.
    Sebelum menjadi Duta besar Azerbaijan, Dr. KH. Husnan Bey Fananie merupakan wakil Rektor III Universitas Mathla’ul Anwar Banten.   Ia mengaku tertantang ditunjuk menjadi calon dubes untuk Azerbaijan. Menurutnya, negara Eropa ini punya nilai lebih dan bisa memberi keuntungan bagi Indonesia jika hubungan bilateral terjalin baik.

    Baca juga :  OSO Terpilih Menjadi Ketua DPD-RI
    Husnan mengatakan, Azerbaijan terkenal sebagai negara dengan kekayaan sumber daya minyak nomor dua di dunia setelah Timur Tengah. Dia menyebut impor Indonesia dalam minyak dan gas mencapai USD 2,4 miliar pertahun. Sementara, ekspor Indonesia ke Azerbaijan baru USD 32 juta per tahun.
    “Kita mengalami defisit perdaganagn dengan Azerbaijan, makanya, Duta Besar di Azerbaijan pada saat ini sangat penting. Apalagi kita baru membuka kedutaan di Azerbaijan sejak 2010 lalu. Insya Allah, kalau jadi, saya ini nanti duta besar yang kedua,”tuturnya (def)

    0 komentar:

    Posting Komentar




    Followers