Home » » Bahasa Turki Akan Diajarkan di Sekolah Mathlaul Anwar

Bahasa Turki Akan Diajarkan di Sekolah Mathlaul Anwar

 |
Jakarta (SI ONLINE) - Turki sebagai negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang memiliki warisan kebudayaan Islam sangat lengkap, selama ini masih kurang mendapat perhatian dari dunia Islam terutama bahasanya. Sehingga mayoritas umat Islam di dunia yang berjumlah 1,67 miliar tidak memahami bahasa Turki, padahal Kekhalifahan Turki Usmani  pernah menjadi pelindung umat dari kolonialisme dan imperialisme Barat selama hampir 600 tahun.
Hal itu terungkap seusai MoU dalam bidang sosial dan pendidikan antara Mathlaul Anwar dengan Hayrat Foundation Turki di Jakarta baru-baru ini. Mathlaul Anwar diwakili Ketua Umum Pengurus Besarnya KH Ahmad Syadeli Karim Lc, sedangkan Hayrat Foundation Turki diwakili Ketuanya Syekh Bayram Nur Akay.
“Sebagai ormas Islam yang lahir sejak 1916, saat ini Mathlaul Anwar memiliki 2000 sekolah sejak TK, SD, SMP, SMA hingga PT. Karena begitu pentingnya bahasa Turki, maka akan diajarkan di berbagai sekolah Mathlaul Anwar selain bahasa Arab dan Inggris,” ujar KH Ahmad Sadeli Karim Lc.
Dikatakannya, sekarang bahasa Turki telah menjadi bahasa pergaulan  internasional. Bahkan bahasa Turki juga dijadikan bahasa sehari-hari negara Balkan di Eropa Tenggara dan Asia Tengah bekas Uni Soviet yang dulu pernah menjadi bagian dari kekuasaan Kekhalifahan Turki Usmani di Istambul.
Sebelum MoU dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan Simposium Nasional mengenai riwayat perjuangan pahlawan Islam Turki Syekh Badiuzzaman Said Nursi dan membahas kitabnya Risalah An-Nur dengan pembicara Syekh Ali Kurt, seorang tokoh nasional Turki. Sedangkan dari Mathlaul Anwar, dibicarakan mengenai riwayat pendiri Mathlaul Anwar KH Mas Abdurrahman, dengan pembicara Ketua II BIdang Pendidian dan Kebudayaan PB Mathlaul Anwar, Drs Jihaduddin MPd. (*)




0 komentar:

Posting Komentar




Followers