Home » » Kegiatan Musyawarah Daerah Mathla’ul Anwar , Menes

Kegiatan Musyawarah Daerah Mathla’ul Anwar , Menes

Kegiatan Musyawarah Daerah Mathla’ul Anwar , Menes
Written by Dunixi    PDF Print
Pandeglang
MUSDA Mathla’ul AnwarPANDEGLANG, Sekitar 300 orang hadiri pembukaan Musyawarah Daerah Math’laul Anwar yang dibuka hari ini di Komplek Perguruan Mathla’uil Anwar (23/02) Jalan Raya Prapatan Simanying Menes. Musyawarah ini dihadiri oleh Unsur Pengurus MA Wilayah dan Majelis Amanah Mathla’ul Anwar, Anggota Pengurus MA Daerah Kabupaten Pandeglang, Pengurus Cabang, Pengurus Ranting, Pengurus Lembaga, Pengurus Perguruan dan undangan khusus.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi, Ketua Pengurus Daerah Mathla’ul Anwar Kabupaten Pandeglang KH. Bai Ma’mun, Camat Menes Mahyupi, Danramil Menes Purnomo, Kapolsek Menes Iptu Arisandi, Kepala Bagian Humas Pandeglang Encep Supriyadi.

”Pelaksanaan Musda ini merupakan amanah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga selain amanah Surat Keputusan Pengurus Daerah Mathla’ul Anwar Kabupaten Pandeglang Nomor 1157/Kep/PDMA/XII/2009 tanggal 16 Desember 2009 tentang Susunan Kepanitian Musda dan Hasil rapat / Musyawarah panitia baik SC maupun OC. Msuyawarah ini kami laksanakan selain untuk memilih Kepengurusan Baru juga untuk merencanakan Program Kerja untuk lima tahun kedepan. Kami memberikan apresiasi dan penghargaan untuk Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi yang telah membantu dan menfasilitasi kami, sehingga Musyawarah Daerah ini bisa berlangsung tepat waktu dan kita hadiri bersama hari ini” demikian disampaikan Mamun jasa steering commite (SC) Musda MA Tahun ini.

K.H. Bai Ma’mun selaku Ketua Pengurus Daerah Mathla’ul Anwar Kabupaten Pandeglang mengatakan ”Sebagai organisasi yang cukup besar MA, MA dalam hal ini akan terus mengarahkan kegiatannya di bidang pendidikan dan dakwah yang dipadukan dengan gerakan ekonomi rakyat ujarnya.

Sementara itu Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi dalam sambutannya mengatakan Sebagai Organisasi yang cukup tua dan besar, MA telah membuktikan dirinya bahwa MA adalah sebuah Organisasi yang sehat. Ini dibuktikan dengan Musyawarah Daerah yang selalu dilaksanakan tepat waktu disertai suksesi kepemimpinan MA yang selalu lancar tanpa ada perbedaan dan silang pendapat sehingga mengganggu kinerja Organisasi ujarnya. ”Saya dibesarkan oleh lingkungan MA, oleh karena itu saya akan terus membantu dan berupaya agar organisasi tetap eksis keberadaannya. Saat ini di Kabupaten Pandeglang masih terdapat 142 Desa yang masuk kategori Desa Tertinggal, oleh karena itu saya berharap dari kader-kader MA akan muncul generasi-generasi muda yang peduli dan konsen sehingga dapat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang dalam mengejar ketertinggalannya dari Kabupaten lain di Provinsi Banten. Sudah selayaknya seluruh elemen masyarakat bahu membahu turut memberikan motivasi kepada masyarakat agar Pandeglang menjadi lebih maju dari sebelumnya” lanjutnya.



SEKILAS TENTANG MATHLA’UL ANWAR

Mathla’ul Anwar sebagai organisasi masyarakat yang cukup tua dan besar mempunyai sejarah yang cukup panjang. Sebenarnya, pengembangan kegiatan MA mulai diintensifkan sejak tahun 1991 sebelum pelaksanaan muktamar XIV. Banyak pengamat melihat kiprah MA tak lagi hanya berkutat di desa-desa, melainkan sudah aktif berkiprah di wilayah perkotaan. Mengutip diktat berjudul Rekam Jejak Mathla'ul Anwar garapan Jihaduddin SAg MM dan Ir Ahmad Mukhlis Yusuf, ketika itu kegiatan organisasi terus meningkat secara kuantitatif dan kualitatif. Di bawah kepemimpinan HM Irsyad Djuwaeli, cakupan daerah MA kian bertambah dari semula 14 propinsi menjadi 24 propinsi.

Begitu pula pembinaan bidang pendidikan semakin ditingkatkan. Ini antara lain ditandai bertambahnya jumlah gedung sekolah baik tingkat diniyah, tsanawiyah dan aliyah. Bangunan sekolah yang sudah ada direnovasi serta dilakukan penguatan kurikulum mata pelajaran. Pihak pengurus pun membuat banyak program terobosan. Seperti misalnya program pengumpulan dana wakaf/hibah firdaus yang dikenal dengan 'Dana Firdaus' bekerjasama dengan BRI. Tak kalah penting adalah program pengentasan kemiskinan dalam rangka meningkatkan kualitas sosial ekonomi pemuda desa.
Dalam masa itu MA dapat membangun komplek Universitas Mathla'ul Anwar di Cikaliung, Pandeglang, Banten. Di dalamnya juga terdapat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mathla'ul Anwar (STIEMA) serta Madrasah Aliyah Keagamaan Mathla'ul Anwar (MAKMA). Komplek yang dilengkapi asrama dan pondok pesantren tersebut memiliki luas sekitar tujuh hektar. Wakil Presiden RI meresmikannya tahun 1993.

Berorientasi pada pendidikan dan dakwah. Berdiri pada10 Ramadhan 1334H/10 Juli 1916 di Kampung Kananga, Menes, Didirikan oleh para kiai lokal yang antara lain:

·        K.H. Tubagus Muhammad Sholeh

·        K.H. Entol Muhammad Yasin

·        K.H. Mas Abdurrahman

·        K.H. Abdul Mu’thi.

·        Kiai Tegal

·        K.H. Abdul Mu’thi

·        Kiyai Soleman Cibinglu

·        K.H. Daud Kiyai Rusydi

·        Kiyai. Entol Danawi

·        K.H. Mustaghfiri

·        Kiyai Saiman

·        K.H. Muhammad Rais

·        K.H. Entol Ismail

Ketua MA dari masa ke masa :

·        K.H. Moh. Yassin 1916-1933 Bistir Mathla'ul Anwar (Direktur K.H. Moh. Yassin Muktamar I 1936-1937

·        K.H. Yassin/K.H Abdul Mukti Muktamar II 1937-1939

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar III 1939-1940

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar IV 1940-1941

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar V 1941-1942

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar VI 1943-1951

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar VII 1943-1951

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar VIII 1952-1953

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar IX 1953-1956

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar X 1956-1966

·        KH. E. Uwes Abu Bakar/KH.M Muslim Muktamar XI 1966-1975

·        Nafsirin Hadi. S.H. Muktamar XII 1975-1985

·        K.H. E.A. Burhani Muktamar XIII 1985-1991

·        Drs.H.M.Irsyad Djuwaeli Muktamar XIV 1991-1996

·        Drs.H.M.Irsyad Djuwaeli Muktamar XV 1996-2001

·        Drs.H.M.Irsyad Djuwaeli Muktamar XVI 2001-2005

·        Drs.H.M.Irsyad Djuwaeli Muktamar XVII 2005-2010


Sumber: (iim-humas)PDG | Dunixi

0 komentar:

Posting Komentar




Followers