Artikel PENGURUS CABANG MATHLA'UL ANWAR KABUPATEN KUDUS

Makna dan Lambang Mathla'ul Anwar


1. Lambang Mathla’ul Anwar berbentuk bulan sabit menjulang ke atas dan di kedua ujungnya terletak bintang bersudut lima dengan empat kaki huruf MA memotong ke bawah tegak berdiri di atas empat garis gelombang yang terputus-putus dan bertuliskan Mathla’ul Anwar yang melintang dari kanan kekiri dalam huruf Arab.
2. Warna dasar hijau tua dan warna tulisan putih
3. Pengertian Lambang:
a. Bulan Bintang adalah tanda umat islam yang sinarnya merupakan cahaya kebenaran menyinari umat manusia
b. Huruf M dan A merupakan singkatan dari Mathla’ul Anwar, dengan 4 (empat) kaki yang melambangkan “ilmil ‘Ulama, adlil Umara, Sakhwatil agnia, da’watil fuqara”
c. Empat garis gelombang menggambarkan pedoman Mathla’ul Anwar kepada al-Qur’an, al-Hadits, al-Ijma’ dan al-Qiyas
d. Tulisan Arab hurufnya berjumlah 11 (sebelas) menggambarkan Rukun Iman dan Rukun Islam
e. Warna dasar hijau tua menggambarkan kebenaran dan kesuburan, mengingatkan kewajiban anggotanya untuk senantiasa menyuburkan dakwah Islamiyah, amar ma’ruf nahi munkar serta menyuburkan pendidikan agama Islam
f. Warna tulisan putih yang melambangkan kesucian, mengingatkan agar umat Islam senantiasa suci dan ikhlas dalam beramal.
DAFTAR SEKOLAH
 
     PROVINSI : JAWA BARAT
     KAB. / KOTA : KAB. BOGOR
     KECAMATAN : KEMANG
 
NO. NAMA SEKOLAH ALAMAT SEKOLAH TINGKAT
PEND.
01 MIN MATHLAUL ANWAR KAMPUNG SAWAH DSN.SAWAH RT.03/06 MI
02 MIS AL FITHRIYAH JL.RAYA KEMANG RT.33/10 DS.KEMANG MI
03 MIS AL HIDAYAH KAMPUNG SEMPLAK BARAT DS.SEMPLAK BARAT MI
04 MIS AL HIDAYAH JL.LANUD ATANGSENJAYA MI
05 MIS AL MA'ARIF KAMPUNG CIBADAK DS.CIBADAK MI
06 MIS ASSIBYAN LANATUL HUDA KAMPUNG MEKARWANGI DS.MEKARWANGI MI
07 MIS DARUT TAFSIR KAMPUNG MEKARSARI DS.MEKARSARI MI
08 MIS LANATUL SIBYAN KAMPUNG MEKARWANGI DS.MEKARWANGI MI
09 MIS MAMBAUL FALAH KAMPUNG CILEBUT BARAT DS.CILEBUT BARAT MI
10 MIS MAMBAUL ISLAM KAMPUNG KENCANA DS.KENCANA MI
11 MIS MATHLAUL ANWAR JL.BABAKAN RT.21/05 MI
12 MIS MATHLAUL ANWAR BANTAR JAYA KAMPUNG BANTAR JAYA DS.BANTARJAYA MI
13 MIS MATHLAUL ANWAR BANTARSARI KAMPUNG BANTARSARI DS.BANTARSARI MI
14 MIS MATHLAUL ANWAR BOJONG KAMPUNG BOJONG DS.BOJONG MI
15 MIS MATHLAUL ANWAR CIBADAK KAMPUNG CIBADAK DS.CIBADAK MI
16 MIS MATHLAUL ANWAR CILENDEK BARAT KAMPUNG CILENDEK BARAT DS.CILENDEK BARAT MI
17 MIS MATHLAUL ANWAR CIMANGGU KAMPUNG CIMANGGU RT.04/03 MI
18 MIS MATHLAUL ANWAR HULURAWA KAMPUNG HULURAWA RT.02/05 MI
19 MIS MATHLAUL ANWAR MEKARSARI KAMPUNG MEKARSARI DS.MEKARSARI MI
20 MIS MATHLAUL ANWAR PASIR GAOK KAMPUNG PASIR GAOK DS.PASIR GAOK MI
21 MIS MATHLAUL ANWAR RANCABUNGUR KAMPUNG RANCABUNGUR DS.RANCABUNGUR MI
22 MIS MIFTAHUL ATHFAL JL.MOH NOER RT.02/04 MI
23 MIS NURUD DAKWAH KAMPUNG PARAKAN JAYA DS.PARAKAN JAYA MI
24 MIS NURUDDAKWAH SEMPLAK JL.RAYA SEMPLAK RT.21/07 DS.SEMPLAK MI
25 MIS NURUL AMAL KAMPUNG KENCANA DS.KENCANA MI
26 MIS NURUL ATHFAL KAMPUNG KEMANG DS.KEMANG MI
27 MIS NURUL HUDA KAMPUNG KAYUMANIS DS.KAYUMANIS MI
28 MIS NURUL HUDA KAMPUNG CURUG DS.CURUG MI
29 MIS NURUL HUDDA II KAMPUNG KAYUMANIS DS.KAYUMANIS MI
30 MIS NURUL ILMI JL.RAYA PARUNG - GG.MESJID MI
31 MIS NURUL IMAN JL.RAYA PARUNG - GG.AMAL MI
32 MIS NURUL ISLAM KAMPUNG CILEBUT BARAT DS.CILEBUT BARAT MI
33 MIS NURUL ISLAMIYAH KAMPUNG NAGROG RT.06/06 MI
34 MIS NURUL ISLAMIYAH KP.SASAK RT.05/08 MI
35 MIS RAUDATUS SIBYAN KAMPUNG MEKARWANGI DS.MEKARWANGI MI
36 MIS RAUDHATUL ISLAMIYAH KAMPUNG KEMANG RT.16/05 DS.KEMANG MI
37 MIS RAUDHATUL MUTA'ALIMIN CIBADAK KAMPUNG CIBADAK DS.CIBADAK MI
38 MIS RAUDHOTUL MUTA'ALIMIN KAMPUNG BOJONG KIDUL RT.03/03 DS.BOJONG MI
39 MIS RAUDLATUL ISLAMIYAH KAMPUNG KEMANG DS.KEMANG MI
40 MIS RAUDLATUL MUBTADIN KAMPUNG CILEBUT BARAT DS.CILEBUT BARAT MI
41 MIS RAUDLATUL MUTA'ALIMIN KAMPUNG BOJONG DS.BOJONG MI
42 MIS RAUDLATUL NUR KAMPUNG SEMPLAK DS.SEMPLAK MI
43 MIS RIYADUL MUTA'ALIMIN KAMPUNG CILEBUT TIMUR DS.CILEBUT TIMUR MI
44 MIS RIYADUL MUKHLISIN KAMPUNG MEKARWANGI DS.MEKARWANGI MI
45 MIS SEMPLAK PILAR KAMPUNG SEMPLAK DS.SEMPLAK MI
46 MIS SIROJUDDIN KAMPUNG KAYUMANIS DS.KAYUMANIS MI
47 MIS SIROJUL ANWAR KAMPUNG CILEBUT BARAT DS.CILEBUT BARAT MI
48 MIS TARBIYATUL FALAH KAMPUNG SUKARESMI DS.SUKARESMI MI
49 MIS TARBIYATUS SIBYAN KAMPUNG KAYUMANIS DS.KAYUMANIS MI
50 MIS UNWANUL FALAH KAMPUNG PARAKAN SALAK MI
51 MIS UNWANUL FALAH SALABENDA KP.SALABENDA MI
52 MTsS AL BANNA JL.BARU SEMPLAK DS.SEMPLAK MTs
53 MTsS AL FARABI JL.RAYA JAMPANG KEMANG DS.KEMANG MTs
54 MTsS AL FITRIYAH KAMPUNG CEMPLANG BARU DS.SEMPLAK MTs
55 MTsS AL IHSAN JL.BARU SEMPLAK DS.SEMPLAK MTs
56 MTsS AL MUA'SYARAH KAMPUNG BANTAR JAYA SEMPLAK DS.BANTAR JAYA MTs
57 MTsS ITTIHADUL UMAM KP.UTAN KERUKUT LIMO MTs
58 MTsS MATHLAUL ANWAR JL.BOJONG SEMPLAK DS.SEMPLAK MTs
59 MTsS NURUL ISLAM KP.CILEBUT DS.SEMPLAK MTs
60 MTsS YATASHI KAMPUNG KAYUMANIS SEMPLAK DS.KAYUMANIS MTs
61 SDLBS TUNAS KASIH 2 KP.SEMPLAK RT.01/01 DS.SEMPLAK SDLB
62 SDN ANGKASA I JL.RAYA SEMPLAK LANUD DS.SEMPLAK SD
63 SDN ANGKASA II KAMPUNG SEMPLAK DS.SEMPLAK SD
64 SDN BANTAR KAMBING I KAMPUNG BANTAR KAMBING SD
65 SDN BANTAR KAMBING II KAMPUNG BANTARKAMBING DS.BANTAR JAYA SD
66 SDN BANTAR KAMBING III KAMPUNG BANTAR JAYA DS.BANTAR JAYA SD
67 SDN BANTAR KAMBING IV KAMPUNG BANTAR SARI DS.BANTAR SARI SD
68 SDN BANTAR KAMBING V KAMPUNG BANTAR JAYA DS.BANTAR JAYA SD
69 SDN BANTAR KAMBING VI JL.LETKOL ATANG SANJAYA NO.255 SD
70 SDN BOJONG I KAMPUNG BOJONG DS.BOJONG SD
71 SDN BOJONG II KAMPUNG BOJONG DS.BOJONG SD
72 SDN BOJONG III KAMPUNG BOJONG DS.BOJONG SD
73 SDN BOJONG IV KAMPUNG BOJONG DS,BOJONG SD
74 SDN CEMPLANG KAMPUNG CEMPLANG BARU SD
75 SDN CIBADAK KAMPUNG CIBADAK DS.CIBADAK SD
76 SDN CIHEULEUT KAMPUNG PASIR GAOK DS.PASIR GAOK SD
77 SDN CIJAHE KAMPUNG CURUG DS.CURUG SD
78 SDN CILENDEK I JL.RAYA BOGOR PARUNG DS.CILENDEK TIMUR SD
79 SDN CILENDEK II KAMPUNG CILENDEK BARAT DS.CILENDEK BARAT SD
80 SDN CILENDEK III KAMPUNG CILENDEK DS.CILENDEK BARAT SD
81 SDN CILENDEK IV KAMPUNG CILENDEK BARAT DS.CILENDEK BARAT SD
82 SDN CILENDEK TENGAH JL.PABUARAN DS.CILENDEK BARAT SD
83 SDN CILENDEK TIMUR I KP.PABUARAN DS.CILENDEK TIMUR SD
84 SDN CILENDEK TIMUR II KAMPUNG CILENDEK TIMUR DS.CILENDEK TIMUR SD
85 SDN CIMUNCANG CILIK KAMPUNG CIMUNCANG SD
86 SDN JAMPANG HAMBULU KP.HAMBULU SD
87 SDN JAMPANG I GG.MESJID RT.05/06 DS.JAMPANG SD
88 SDN JAMPANG II KAMPUNG JAMPANG DS,JAMPANG SD
89 SDN JAMPANG III JL.RAYA JAMPANG RT.02/02 DS.JAMPANG SD
90 SDN JAMPANG IV JL.RAYA PARUNG BOGOR DS.JAMPANG SD
91 SDN JAMPANG PONDOK UDIK KP.BABAKAN SD
92 SDN JAMPANG V JL.RAYA JAMPANG PARUNG RT.03 DS,JAMPANG SD
93 SDN KAYUMANIS I KAMPUNG KAYUMANIS DS,KAYUMANIS SD
94 SDN KAYUMANIS II KAMPUNG KAYUMANIS DS.KAYUMANIS SD
95 SDN KEDUNG HALANG KAMPUNG SUKADAMAI DS.SUKADAMAI SD
96 SDN KEDUNG HALANG SRIKA KAMPUNG CILEBUT BARAT DS.CILEBUT BARAT SD
97 SDN KEMANG I JL.RAYA KEMANG DS.KEMANG SD
98 SDN KEMANG II KAMPUNG KEMANG DS.KEMANG SD
99 SDN KEMANG III KAMPUNG KEMANG DS.KEMANG SD
100 SDN KEMANG KIARA KAMPUNG KEMANG DS.KEMANG SD
101 SDN KENCANA I KAMPUNG KENCANA DS.KENCANA SD
102 SDN KENCANA II KAMPUNG KENCANA DS.KENCANA SD
103 SDN KENCANA III KAMPUNG KENCANA DS.KENCANA SD
104 SDN KUKUPU I KAMPUNG KUKUPU SD
105 SDN KUKUPU II KAMPUNG CIBADAK DS.CIBADAK SD
106 SDN KUKUPU III KAMPUNG SEREMPED SD
107 SDN LESTARI KP.PONCOL RT.01/01 SD
108 SDN LUMBUNG KAMPUNG SEMPLAK DS.SEMPLAK SD
109 SDN MARGA CINTA I KAMPUNG CANDALI DS.CANDALI SD
110 SDN MARGA CINTA II KAMPUNG CANDALI DS.CANDALI SD
111 SDN MEKARSARI KAMPUNG MEKARSARI DS.MEKAR SARI SD
112 SDN NEGLASARI KAMPUNG SEMPLAK DS.SEMPLAK SD
113 SDN PABUARAN CILENDEK KAMPUNG CILENDEK TIMUR DS.CILENDEK TIMUR SD
114 SDN PABUARAN I KAMPUNG PABUARAN DS.PABUARAN SD
115 SDN PABUARAN II KAMPUNG PABUARAN DS.PABUARAN SD
116 SDN PABUARAN III KAMPUNG PABUARAN DS.PABUARAN SD
117 SDN PARAKAN SALAK KAMPUNG PARAKAN SALAK RT.02/01 SD
118 SDN PASIR GAOK I KAMPUNG PASIR GAOK DS.PASIR GAOK SD
119 SDN PASIR GAOK II KAMPUNG PSIR GAOK DS.PASIR GAOK SD
120 SDN PASIR GAOK III KAMPUNG PASIR GAOK DS.PASIR GAOK SD
121 SDN PASIR GAOK IV KAMPUNG PASIR GAOK DS.PASIR GAOK SD
122 SDN PASIR GAOK V KAMPUNG PASIR GAOK DS.PASIR GAOK SD
123 SDN PASIR GAOK VI KAMPUNG PASIR GAOK DS.PASIR GAOK SD
124 SDN PATAHUNAN II KAMPUNG PATAHUNAN SD
125 SDN PETAHUNAN 1 KAMPUNG PETAHUNAN SD
126 SDN RANCA BUMUR 3 KP.WARUNG NANGKA RT.03/08 SD
127 SDN RANCA BUNGUR I KAMPUNG RANCA BUNGUR DS.RANCA BUNGUR SD
128 SDN RANCA BUNGUR II KAMPUNG MEKARSARI DS.MEKARSARI SD
129 SDN RANCA BUNGUR III KAMPUNG RANCA BUNGUR DS.RANCA BUNGUR SD
130 SDN RANCA BUNGUR IV KAMPUNG RANCA BUNGUR DS.RANCA BUNGUR SD
131 SDN SEMPLAK I JL.RAYA SEMPLAK DS.SEMPLAK SD
132 SDN SEMPLAK II KAMPUNG SEMPLAK DS.SEMPLAK SD
133 SDN SITUPETE KAMPUNG SITUPETE SD
134 SDN SUKADAMAI I KAMPUNG SITUPETE DS.SUKADAMAI SD
135 SDN SUKADAMAI II KAMPUNG SUKADAMAI DS.SUKADAMAI SD
136 SDN SUKADAMAI III KAMPUNG SUKADAMAI DS.SUKADAMAI SD
137 SDN TEGAL I JL.KP.KANDANG TEGAL RT.02/01 DS.TEGAL SD
138 SDN TEGAL II JL.TEGAL JAYA RT.01/07 DS.TEGAL SD
139 SDN TEGAL III DK.KANDANG DS.TEGAL SD
140 SDN TEGAL IV DK.TEGAL RT.03/04 DS.TEGAL SD
141 SDN TEGAL JAYA I KP.ANYAR RT.01/07 DS,TEGAL SD
142 SDN TEGAL JAYA II JL.TEGAL RT.08/06 DS.TEGAL SD
143 SDS RA.KARTINI GG.MESJID RT,02/06 SD
144 SDS YY DHARMA IBU KAMPUNG CILENDEK BARAT DS.CILENDEK BARAT SD
145 SLTPN 1 KEMANG KP.KANDANG RT.02/04 NO.01 DS.KEMANG SLTP
146 SLTPN SEMPLAK JL.RAYA BARU KAYUMANIS DS,KAYUMANIS SLTP
147 SLTPS AL FALAH JL.RAYA BARU - GG.WALET DS.CIBADAK SLTP
148 SLTPS ANGKASA LABUD ATS JL.RAYA SEMPLAK PARUNG BOGOR DS.SEMPLAK SLTP
149 SLTPS BHAKTI MULYA SARI JL.RAYA KEMANG KM.47-48 DS.KEMANG SLTP
150 SLTPS BINA INSANI BOGOR JL.BARU DS.SUKADAMAI SLTP
151 SLTPS CAHAYA JL.CIJAHE NO.5 DS.SEMPLAK SLTP
152 SLTPS CIBELUT JL.PENDIDIKAN NO.12 SLTP
153 SLTPS CIMULANG JL.CIMULANG PASIR GAOK DS.PASIR GAOK SLTP
154 SLTPS HARAPAN SISWA JL.DUTA UMAMA CURUG MEKAR DS.SEMPLAK SLTP
155 SLTPS ISLAM NURUL FALAH JL.RAYA SEMPLAK CILENDEK TIMUR DS.CILENDEK TIMUR SLTP
156 SLTPS PGRI SEMPLAK JL.RAYA SEMPLAK DS.CILENDEK BARAT SLTP
157 SLTPS PURNAWARMAN JL.LETKOL U.ATANG SENJAYA SLTP
158 SLTPS RAUDLATUL MUTA'ALIMIN JL.RAYA PABUARAN CIBADAK DS.CIBADAK SLTP
159 SLTPS SITUBAKTI ULIA JL.PABUARAN DS.PABUARAN SLTP
160 SLTPS WIYATA KHARISMA JL.RAYA KEMANG 627 RT.34/10 DS.KEMANG SLTP
161 SLTPS WIYATA MANDALA JL.RAYA SALABENDA KM.49-50 SLTP
©2010 www.gn-ota.or.id
.

UNMA luluskan 586 orang Sarjana & Diploma Hari ini

Universitas Mathla’ul Anwar mewisuda 586 orang Wisudawan dan Wisudawati

Suasana Wisuda
PANDEGLANG, Sekitar 586 orang Sarjana dan Diploma dari 11 Fakultas yang berada di Universitas Mathla’ul Anwar hari ini di Wisuda dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Mathla’ul Anwar (Unma) yang dilaksanakan di Kampus Unma hari Sabtu (20/02). Universitas yang memiliki 20 Program Studi dan 11 Fakultas ini merupakan organisasi kemasyarakatan yang memiliki kepengurusuan di 23 Propinsi, dan berdiri di Menes Pandeglang Tahun 1916, Unma sendiri didirikan pada tahun 1988 dan memiliki 11 Fakultas diantaranya : Fakultas Agama, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Bahasa dan Sastra. Saat ini UNMA memiliki tidak kurang dari 9000 orang mahasiswa yang tersebar dalam 20 program studi bidang eksak dan sosial.
Sejarah berdirinya Universitas Math’laul Anwar berawal dari tahun 1988, Pengurus Besar Math’laul Anwar mendirikan Perguruan Tinggi Math’laul Anwar (PERTIMA) yang pada tahun 1994 berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAI-MA), Tahun 1995 berdiri Sekolah Tinggi Ilmu  Ekonomi Math’laul Anwar (STIE-MA) yang diikuti dengan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Hukum dan Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada tahun 1988, kesemuanya dibawah bendera Math’laul Anwar yang setahun kemudian berdiri pula Akademi Manajemen dan Informatika. Empat Sekolah Tinggi dan satu akademi tersebut pada tanggal 1 Januari 2000 dengan tambahan beberapa program studi, diintegrasikan menjadi Universitas dan diberi nama Universitas Math’laul Anwar. Sekolah-sekolah tinggi yang ada berubah bentuk menjadi fakultas-fakultas. Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) mendapatkan pengukuhan dari Departemen Pendidikan Nasional pada Bulan Agustus 2001 dengan Surat Keputusan (SK) Nomor 115/D/0/2001.
Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Pengurus Besar Mathla’ul Anwar Drs. H. Irsyad Djuwaeli. MM, Rektor UNMA Prof. Dr. Ir. H. Herman Haeruman Js. MF, para guru besar dan anggota senat UNMA, Dr. Ir. H. Akbar Tanjung, Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi, 586 wisudawan dan wisudawati, 1200 orang tua wali mahasiswa dan pengurus wilayah Mathla’ul Anwar.
”Pemerataan pendidikan dalam arti pemerataan kesempatan untuk memperoleh pendidikan telah lama menjadi masalah yang mendapat perhatian, terutama di negara-negara sedang berkembang. Hal ini tidak terlepas dari makin tumbuhnya kesadaran bahwa pendidikan mempunyai peran penting dalam pembangunan bangsa. Pemerataan pendidikan mencakup dua aspek penting yaitu equality dan equity. Equality atau persamaan mengandung arti persamaan kesempatan untuk memperoleh pendidikan, sedangkan equity bermakna keadilan dalam memperoleh kesempatan pendidikan yang sama diantara berbagai kelompok dalam masyarakat. Akses terhadap pendidikan yang merata berarti semua penduduk usia sekolah telah memperoleh kesempatan pendidikan, sementara itu akses terhadap pendidikan telah adil jika antar kelompok bisa menikmati pendidikan secara sama” demikian beberapa pointer penting dari orasi yang dibawakan Dr. Ir. H. Akbar Tanjung yang membawakan Orasi Ilmiah dengan tema ”Akses Masyarakat Daerah Tertinggal terhadap Pendidikan Tinggi di Indonesia”.
Diakhir acara Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi menyerahkan bantuan berupa uang untuk wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil mendapatkan sepuluh besar dari berbagai fakultas yang berada di Universitas Mathla’ul Anwar. (iim-humas)
Click untuk memperbesar..






Generasi Muda Mathla’ul Anwar mengadakan workshop di Aula MUI dalam menyambut Muharram 1430 H

Kisaran ( asahannews,berita asahan )
Kisaran,21 Des 2008, Generasi Muda Mathla’ul Anwar mengadakan workshop dalam menyambut Muharram 1430 H,yang diadakan di Aula Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Asahan,yang di hadiri oleh ratusan peserta workshop dari berbagai kalangan, dari kalangan muda dan orang tua yang tergabung dalam organisasi kepemudaan islam.
dalam workshop tersebut di buka langsung oleh KADISPORA Asahan,Drs.Jamal Abdul Nasir Siregar yang dalam kata sambutannya sangat mendukung dan salut sekali terhadap GEMA Mathla’ul Anwar dengan kegiatan yang di lakukannya semua tergolong sukses dan bermanfaat bagi generasi muda untuk masa yang akan datang. Generasi Muda Mathala’ul Anwar di bawah kepemimpinan Ustd.RAJA DEDI HERMANSYAH,S.Ag.SH.S,Pd.I, menurut beliau akan berkembang dan bisa membangun masyarakat asahan yang makmur.

KUNJUNGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MATHLA’UL ANWAR PANDEGLANG KE MAHKAMAH AGUNG RI





JAKARTA – HUMAS, Kamis, 16 April 2009, 150 mahasiswa Fakultas Hukum dari Universitas Mathla’ul Anwar, Pandeglang, mengunjungi Gedung Mahkamah Agung Jakarta dalam rangka kuliah kerja lapangan. Bertujuan untuk mengenalkan lebih jauh tentang institusi peradilan tertinggi di Indonesia, Mahkamah Agung merupakan tempat yang tepat sebagai referensi dalam pengenalan dunia kerja, khususnya di bidang peradilan.
Merupakan sebuah kebanggaan bagi Mahkamah Agung dengan kunjungan para mahasiswa, ini artinya institusi ini dipercaya dalam bidang hukum. Berbagai materi disampaikan dalam kesempatan ini, sekaligus pemberian buku- buku. Materi dibawakan oleh para Hakim Tinggi dari Pendidikan dan Pelatihan Mahkamah Agung RI mengenai peradilan agama dan peradilan secara umum. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, dalam sesi Tanya jawab, para mahasiswa aktif bertanya dan berdiskusi dengan para Hakim Tinggi mengenai teori hukum dan aplikasinya di tanah air.
Kunjungan ini sebagai wujud keseriusan Mahkamah Agung dalam memberikan layanan publik. Para mahasiswa berharap melalui kunjungan langsung dan pemberian materi, mahasiswa lebih memahami aplikasi pekerjaan di bidang hukum nantinya.Acara ditutup dengan pemberian piagam dari Fakultas Hukum Universitas Mathla’ul Anwar ke Mahkamah Agung. (ats/ifh)

MUSDA Mathla’ul Anwar dibuka

“MUSDA Mathla’ul Anwar dibuka Hari ini”
Bupati buka Musda MA
PANDEGLANG, Sekitar 300 orang hadiri pembukaan Musyawarah Daerah Math’laul Anwar yang dibuka hari ini di Komplek Perguruan Mathla’uil Anwar (23/02) Jalan Raya Prapatan Simanying Menes. Musyawarah ini dihadiri oleh Unsur Pengurus MA Wilayah dan Majelis Amanah Mathla’ul Anwar, Anggota Pengurus MA Daerah Kabupaten Pandeglang, Pengurus Cabang, Pengurus Ranting, Pengurus Lembaga, Pengurus Perguruan dan undangan khusus.
Hadir dalam acara pembukaan tersebut Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi, Ketua Pengurus Daerah Mathla’ul Anwar Kabupaten Pandeglang KH. Bai Ma’mun, Camat Menes Mahyupi, Danramil Menes Purnomo, Kapolsek Menes Iptu Arisandi, Kepala Bagian Humas Pandeglang Encep Supriyadi.
”Pelaksanaan Musda ini merupakan amanah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga selain amanah Surat Keputusan Pengurus Daerah Mathla’ul Anwar Kabupaten Pandeglang Nomor 1157/Kep/PDMA/XII/2009 tanggal 16 Desember 2009 tentang Susunan Kepanitian Musda dan Hasil rapat / Musyawarah panitia baik SC maupun OC. Msuyawarah ini kami laksanakan selain untuk memilih Kepengurusan Baru juga untuk merencanakan Program Kerja untuk lima tahun kedepan. Kami memberikan apresiasi dan penghargaan untuk Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi yang telah membantu dan menfasilitasi kami, sehingga Musyawarah Daerah ini bisa berlangsung tepat waktu dan kita hadiri bersama hari ini” demikian disampaikan Mamun jasa steering commite (SC) Musda MA Tahun ini.
K.H. Bai Ma’mun selaku Ketua Pengurus Daerah Mathla’ul Anwar Kabupaten Pandeglang mengatakan ”Sebagai organisasi yang cukup besar MA, MA dalam hal ini akan terus mengarahkan kegiatannya di bidang pendidikan dan dakwah yang dipadukan dengan gerakan ekonomi rakyat ujarnya.
Sementara itu Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi dalam sambutannya mengatakan Sebagai Organisasi yang cukup tua dan besar, MA telah membuktikan dirinya bahwa MA adalah sebuah Organisasi yang sehat. Ini dibuktikan dengan Musyawarah Daerah yang selalu dilaksanakan tepat waktu disertai suksesi kepemimpinan MA yang selalu lancar tanpa ada perbedaan dan silang pendapat sehingga mengganggu kinerja Organisasi ujarnya. ”Saya dibesarkan oleh lingkungan MA, oleh karena itu saya akan terus membantu dan berupaya agar organisasi tetap eksis keberadaannya. Saat ini di Kabupaten Pandeglang masih terdapat 142 Desa yang masuk kategori Desa Tertinggal, oleh karena itu saya berharap dari kader-kader MA akan muncul generasi-generasi muda yang peduli dan konsen sehingga dapat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang dalam mengejar ketertinggalannya dari Kabupaten lain di Provinsi Banten. Sudah selayaknya seluruh elemen masyarakat bahu membahu turut memberikan motivasi kepada masyarakat agar Pandeglang menjadi lebih maju dari sebelumnya” lanjutnya.
SEKILAS TENTANG MATHLA’UL ANWAR
Mathla’ul Anwar sebagai organisasi masyarakat yang cukup tua dan besar mempunyai sejarah yang cukup panjang. Sebenarnya, pengembangan kegiatan MA mulai diintensifkan sejak tahun 1991 sebelum pelaksanaan muktamar XIV. Banyak pengamat melihat kiprah MA tak lagi hanya berkutat di desa-desa, melainkan sudah aktif berkiprah di wilayah perkotaan. Mengutip diktat berjudul Rekam Jejak Mathla’ul Anwar garapan Jihaduddin SAg MM dan Ir Ahmad Mukhlis Yusuf, ketika itu kegiatan organisasi terus meningkat secara kuantitatif dan kualitatif. Di bawah kepemimpinan HM Irsyad Djuwaeli, cakupan daerah MA kian bertambah dari semula 14 propinsi menjadi 24 propinsi.
Begitu pula pembinaan bidang pendidikan semakin ditingkatkan. Ini antara lain ditandai bertambahnya jumlah gedung sekolah baik tingkat diniyah, tsanawiyah dan aliyah. Bangunan sekolah yang sudah ada direnovasi serta dilakukan penguatan kurikulum mata pelajaran. Pihak pengurus pun membuat banyak program terobosan. Seperti misalnya program pengumpulan dana wakaf/hibah firdaus yang dikenal dengan ‘Dana Firdaus’ bekerjasama dengan BRI. Tak kalah penting adalah program pengentasan kemiskinan dalam rangka meningkatkan kualitas sosial ekonomi pemuda desa.
Dalam masa itu MA dapat membangun komplek Universitas Mathla’ul Anwar di Cikaliung, Pandeglang, Banten. Di dalamnya juga terdapat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mathla’ul Anwar (STIEMA) serta Madrasah Aliyah Keagamaan Mathla’ul Anwar (MAKMA). Komplek yang dilengkapi asrama dan pondok pesantren tersebut memiliki luas sekitar tujuh hektar. Wakil Presiden RI meresmikannya tahun 1993.
Berorientasi pada pendidikan dan dakwah. Berdiri pada10 Ramadhan 1334H/10 Juli 1916 di Kampung Kananga, Menes, Didirikan oleh para kiai lokal yang antara lain:
  • K.H. Tubagus Muhammad Sholeh
  • K.H. Entol Muhammad Yasin
  • K.H. Mas Abdurrahman
  • K.H. Abdul Mu’thi.
  • Kiai Tegal
  • K.H. Abdul Mu’thi
  • Kiyai Soleman Cibinglu
  • K.H. Daud Kiyai Rusydi
  • Kiyai. Entol Danawi
  • K.H. Mustaghfiri
  • Kiyai Saiman
  • K.H. Muhammad Rais
  • K.H. Entol Ismail
Ketua MA dari masa ke masa :
  • K.H. Moh. Yassin 1916-1933 Bistir Mathla’ul Anwar (Direktur K.H. Moh. Yassin Muktamar I 1936-1937
  • K.H. Yassin/K.H Abdul Mukti Muktamar II 1937-1939
  • KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar III 1939-1940
  • KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar IV 1940-1941
  • KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar V 1941-1942
  • KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar VI 1943-1951
  • KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar VII 1943-1951
  • KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar VIII 1952-1953
  • KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar IX 1953-1956
  • KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar X 1956-1966
  • KH. E. Uwes Abu Bakar/KH.M Muslim Muktamar XI 1966-1975
  • Nafsirin Hadi. S.H. Muktamar XII 1975-1985
  • K.H. E.A. Burhani Muktamar XIII 1985-1991
  • Drs.H.M.Irsyad Djuwaeli Muktamar XIV 1991-1996
  • Drs.H.M.Irsyad Djuwaeli Muktamar XV 1996-2001
  • Drs.H.M.Irsyad Djuwaeli Muktamar XVI 2001-2005
  • Drs.H.M.Irsyad Djuwaeli Muktamar XVII 2005-2010

Kegiatan Musyawarah Daerah Mathla’ul Anwar , Menes

Kegiatan Musyawarah Daerah Mathla’ul Anwar , Menes
Written by Dunixi    PDF Print
Pandeglang
MUSDA Mathla’ul AnwarPANDEGLANG, Sekitar 300 orang hadiri pembukaan Musyawarah Daerah Math’laul Anwar yang dibuka hari ini di Komplek Perguruan Mathla’uil Anwar (23/02) Jalan Raya Prapatan Simanying Menes. Musyawarah ini dihadiri oleh Unsur Pengurus MA Wilayah dan Majelis Amanah Mathla’ul Anwar, Anggota Pengurus MA Daerah Kabupaten Pandeglang, Pengurus Cabang, Pengurus Ranting, Pengurus Lembaga, Pengurus Perguruan dan undangan khusus.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi, Ketua Pengurus Daerah Mathla’ul Anwar Kabupaten Pandeglang KH. Bai Ma’mun, Camat Menes Mahyupi, Danramil Menes Purnomo, Kapolsek Menes Iptu Arisandi, Kepala Bagian Humas Pandeglang Encep Supriyadi.

”Pelaksanaan Musda ini merupakan amanah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga selain amanah Surat Keputusan Pengurus Daerah Mathla’ul Anwar Kabupaten Pandeglang Nomor 1157/Kep/PDMA/XII/2009 tanggal 16 Desember 2009 tentang Susunan Kepanitian Musda dan Hasil rapat / Musyawarah panitia baik SC maupun OC. Msuyawarah ini kami laksanakan selain untuk memilih Kepengurusan Baru juga untuk merencanakan Program Kerja untuk lima tahun kedepan. Kami memberikan apresiasi dan penghargaan untuk Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi yang telah membantu dan menfasilitasi kami, sehingga Musyawarah Daerah ini bisa berlangsung tepat waktu dan kita hadiri bersama hari ini” demikian disampaikan Mamun jasa steering commite (SC) Musda MA Tahun ini.

K.H. Bai Ma’mun selaku Ketua Pengurus Daerah Mathla’ul Anwar Kabupaten Pandeglang mengatakan ”Sebagai organisasi yang cukup besar MA, MA dalam hal ini akan terus mengarahkan kegiatannya di bidang pendidikan dan dakwah yang dipadukan dengan gerakan ekonomi rakyat ujarnya.

Sementara itu Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi dalam sambutannya mengatakan Sebagai Organisasi yang cukup tua dan besar, MA telah membuktikan dirinya bahwa MA adalah sebuah Organisasi yang sehat. Ini dibuktikan dengan Musyawarah Daerah yang selalu dilaksanakan tepat waktu disertai suksesi kepemimpinan MA yang selalu lancar tanpa ada perbedaan dan silang pendapat sehingga mengganggu kinerja Organisasi ujarnya. ”Saya dibesarkan oleh lingkungan MA, oleh karena itu saya akan terus membantu dan berupaya agar organisasi tetap eksis keberadaannya. Saat ini di Kabupaten Pandeglang masih terdapat 142 Desa yang masuk kategori Desa Tertinggal, oleh karena itu saya berharap dari kader-kader MA akan muncul generasi-generasi muda yang peduli dan konsen sehingga dapat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang dalam mengejar ketertinggalannya dari Kabupaten lain di Provinsi Banten. Sudah selayaknya seluruh elemen masyarakat bahu membahu turut memberikan motivasi kepada masyarakat agar Pandeglang menjadi lebih maju dari sebelumnya” lanjutnya.



SEKILAS TENTANG MATHLA’UL ANWAR

Mathla’ul Anwar sebagai organisasi masyarakat yang cukup tua dan besar mempunyai sejarah yang cukup panjang. Sebenarnya, pengembangan kegiatan MA mulai diintensifkan sejak tahun 1991 sebelum pelaksanaan muktamar XIV. Banyak pengamat melihat kiprah MA tak lagi hanya berkutat di desa-desa, melainkan sudah aktif berkiprah di wilayah perkotaan. Mengutip diktat berjudul Rekam Jejak Mathla'ul Anwar garapan Jihaduddin SAg MM dan Ir Ahmad Mukhlis Yusuf, ketika itu kegiatan organisasi terus meningkat secara kuantitatif dan kualitatif. Di bawah kepemimpinan HM Irsyad Djuwaeli, cakupan daerah MA kian bertambah dari semula 14 propinsi menjadi 24 propinsi.

Begitu pula pembinaan bidang pendidikan semakin ditingkatkan. Ini antara lain ditandai bertambahnya jumlah gedung sekolah baik tingkat diniyah, tsanawiyah dan aliyah. Bangunan sekolah yang sudah ada direnovasi serta dilakukan penguatan kurikulum mata pelajaran. Pihak pengurus pun membuat banyak program terobosan. Seperti misalnya program pengumpulan dana wakaf/hibah firdaus yang dikenal dengan 'Dana Firdaus' bekerjasama dengan BRI. Tak kalah penting adalah program pengentasan kemiskinan dalam rangka meningkatkan kualitas sosial ekonomi pemuda desa.
Dalam masa itu MA dapat membangun komplek Universitas Mathla'ul Anwar di Cikaliung, Pandeglang, Banten. Di dalamnya juga terdapat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mathla'ul Anwar (STIEMA) serta Madrasah Aliyah Keagamaan Mathla'ul Anwar (MAKMA). Komplek yang dilengkapi asrama dan pondok pesantren tersebut memiliki luas sekitar tujuh hektar. Wakil Presiden RI meresmikannya tahun 1993.

Berorientasi pada pendidikan dan dakwah. Berdiri pada10 Ramadhan 1334H/10 Juli 1916 di Kampung Kananga, Menes, Didirikan oleh para kiai lokal yang antara lain:

·        K.H. Tubagus Muhammad Sholeh

·        K.H. Entol Muhammad Yasin

·        K.H. Mas Abdurrahman

·        K.H. Abdul Mu’thi.

·        Kiai Tegal

·        K.H. Abdul Mu’thi

·        Kiyai Soleman Cibinglu

·        K.H. Daud Kiyai Rusydi

·        Kiyai. Entol Danawi

·        K.H. Mustaghfiri

·        Kiyai Saiman

·        K.H. Muhammad Rais

·        K.H. Entol Ismail

Ketua MA dari masa ke masa :

·        K.H. Moh. Yassin 1916-1933 Bistir Mathla'ul Anwar (Direktur K.H. Moh. Yassin Muktamar I 1936-1937

·        K.H. Yassin/K.H Abdul Mukti Muktamar II 1937-1939

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar III 1939-1940

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar IV 1940-1941

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar V 1941-1942

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar VI 1943-1951

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar VII 1943-1951

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar VIII 1952-1953

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar IX 1953-1956

·        KH. E. Uwes Abu Bakar Muktamar X 1956-1966

·        KH. E. Uwes Abu Bakar/KH.M Muslim Muktamar XI 1966-1975

·        Nafsirin Hadi. S.H. Muktamar XII 1975-1985

·        K.H. E.A. Burhani Muktamar XIII 1985-1991

·        Drs.H.M.Irsyad Djuwaeli Muktamar XIV 1991-1996

·        Drs.H.M.Irsyad Djuwaeli Muktamar XV 1996-2001

·        Drs.H.M.Irsyad Djuwaeli Muktamar XVI 2001-2005

·        Drs.H.M.Irsyad Djuwaeli Muktamar XVII 2005-2010


Sumber: (iim-humas)PDG | Dunixi

Madrasah Tsanawiyah Negeri Cening terletak di Desa Cening Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang.

Madrasah Tsanawiyah Negeri Cening terletak di Desa Cening      Kecamatan  Cikedal Kabupaten Pandeglang.                                        Meskipun letaknya dapat dikatakan di perkampungan, namun madrasah ini mempunyai fasilitas yang lengkap, mulai dari perpustakaan, mushola ruang praktik komputer, laboratorium bahasa, bahkan akses internet untuk para siswanya.
Melalui kerjasama antara Depag dan Pengurus Perguruan Mathla’ul Anwar, maka terwujudlah suatu penegerian dengan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor : 515 A Tahun 1995 Tanggal 25 Nopember 1995 tentang Pembukaan dan Penegerian beberapa Madrasah yang di antaranya MTs. Mathla’ul Anwar Cening menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Cening.Di awal pendiriannya, namanya adalah Madrasah Mathla’ul Anwar Cening Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang.


Revitalisasi Peran Mathla’ul Anwar

Mathla’ul Anwar adalah ormas Islam terbesar di Indonesia setelah Muhammadiyah dan NU.


Herman Fauzi
Didirikan di Menes, Pandeglang, pada tahun 1334 H atau 10 Juli 1916 M oleh sepuluh orang ulama, diantaranya adalah Kiai Yasin (1860-1937) dan Kiai Mas Abdurrahman (1868-1943). Nama Mathla’ul Anwar sendiri artinya tempat terbitnya cahaya, yang tentu dimaksudkannya sebagai upaya pembebasan umat dari kebodohan dan keterbelakangan. Dari defisnisi ini dipahami mengapa Mathla’ul Anwar konsisten menjadikan pendidikan dan dakwah sebagai usaha perjuangan organisasi.
Kelahiran Mathla’ul Anwar, seperti juga ormas lain pada periode awal abad ke-20, menandai perjuangan kebangkitan nasional. Karena itu semangat pendidikan dan dakwah yang dibangun pada periode tersebut menekankan semangat pembebasan atau rasa kemerdekaan, yang saat itu berhadapan dengan kolonialisasi Barat (Belanda) dengan segala dampak politiknya. Memang tidak menutup kemungkinan ada di antara para santri dan alumni serta pendukung Mathla’ul Anwar yang kemudian terlibat perang revolusi kemerdekaan dan masuk barisan gerilyawan.
Fenomena ini seakan menjelaskan betapa kesadaran sosio-religius yang dimiliki para ulama telah menyiapkan landasan nilai untuk mengisi perubahan sosial dengan pentingnya pendidikan Islam, baik sebagai sumber motivasi perjuangan dan sekaligus pengetahuan dan tindakan. Sumber pengetahuan tersebut mempertanyakan kembali apa yang seharusnya terjadi dalam kehidupan sosial menurut ajaran Islam.
Munculnya Mathla’ul Anwar sebagai pergerakan baru di Banten saat itu pada dasarnya berhubungan dengan kondisi perkembangan dunia Islam di berbagai tempat. Keterkaitan ideologis dan kultural antara pemikiran Jamaluddin al-Afghani (1839-1897) dan Muhammad Abduh (1845-1903) dengan tradisi pendidikan Islam lokal tidak dapat dihindari, dan ini yang kemudian mempengaruhi perkembangan Mathla’ul Anwar. Namun semenjak kemerdekaan sampai sekarang Mathla’ul Anwar terus melakukan penyesuaian secara bertahap mengikuti perkembangan nasional.

REVITALISASI
Kini usia Mathla’ul Anwar hampir mendekati satu abad. Kiprahnya dalam bidang pendidikan dan dakwah sebagai pilihan perjuangan meniscayakannya eksis, walaupun perkembangannya tidak terlalu menonjol. Permasalahan internal – dan kini sedang dicoba dicarikan solusinya melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) Mathla’ul Anwar Provinsi Banten – adalah mendorong pergerakan organisasi Mathla’ul Anwar dari desa ke pusat kota, baik kota-kota provinsi maupun kabupaten/kota. Upaya ini penting dalam rangka mengakses pengaruh politik sesuai dengan semangat otonomi daerah. Kemampun kerja sama antara pengurus wilayah (PW) dan daerah (PD) Mathla/ul Anwar dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam konteks pelaksanaan otonomi daerah merupakan kebutuhan yang komplementer. Karena itu pembenahan organisasi Mathla’ul Anwar di tingkat PW dan PD merupakan program mendesak. Kemampuan bargaining di bidang sosial dan pemikiran yang ditujukkan kepada prestasi pembangunan daerah dan kepentingan masyarakat merupakan revitalisasi organisasi yang harus dibangun. Karena itu rasa keterpencilan dan arogansi organisasi adalah hambatan dalam mewujudkan tanggung jawab bersama. Peran masyarakat dalam konteks otonomi daerah sebenarnya dapat mencakup peran ormas, tentunya adalah yang terorganisasi dengan baik. Seperti diketahui otonomi daerah menawarkan pola pembangunan dengan tradisi politik yang lebih sesuai dengan nilai kultur setempat demi tampilnya kepemimpinan pemerintahan yang berkualifikasi dengan tingkat akseptabilitas yang tinggi.
Dalam hal ini Mathla’ul Anwar dapat turut serta menyiapkan dan memperkuat tradisi politik seperti itu dan sekaligus berpartisipasi penuh dalam membangun pemerintahan yang baik.
Selain itu di wilayah perkotaan terdapat kemudahan-kemudahan dalam proses mobilitas kegiatan, baik karena dukungan transportasi maupun informasi. Bila saja Mathla’ul Anwar dapat menemukan peranannya yang strategis dan terintegratif dengan pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten/kota), bukan mustahil pada gilirannya akan mendapatkan sumber dana APBD, sepanjang itu digunakan bagi kepentingan publik.
Dalam rangka itu penguatan identitas organisasi perlu diperkuat melalui proses pencitraan dan kegiatan yang luas. Melalui pendidikan dan dakwah penguatan identitas organisasi dapat dilakukan, melalui prestasi-prestasi masing-masing yang dibina secara serius oleh organisasi Mathla’ul Anwar di berbagai tingkatannya. Karena itu pengurus wilayah dan daerah di lingkungan Mathla’ul Anwar harus memiliki tanggung jawab terhadap keseluruhan pelaksanaan pendidikan di masing-masing perguruan.
JARINGAN
Kehidupan organisasi tidak lepas dari kemampuan memperluas jaringan sosial, baik personal maupun institusional. Perluasan jaringan merupakan revitalisasi organisasi yang pokok dalam rangka membangun akses dan penumbuhan organization power secara positif, baik untuk syiar dakwah maupun bagi perluasan pasar pendidikan. Kebangkitan Mathla’ul Anwar dipandang dari perspektif potensi organisasi dapat menjadi kekuatan kolektif, jika saja secara geo-politik memiliki jumlah cabang dan ranting di berbagai tempat dengan jumlah anggota-anggotanya yang banyak dan setia kepada organisasi. Untuk itu soliditas pengurus memang harus dipelihara melalui program-program dakwah dan pendidikan, meskipun jauh di wilayah pedalaman.
Dalam upaya membangun jaringan dan sekaligus merealisasikan da’wah harus ada kecenderungan di kalangan pengurus Mathla’ul Anwar untuk memandang umat Islam yang berbeda-beda itu sebagai kesatuan dengan menawarkan nilai dasar solidaritas dan mecarikan solusi-solusi yang mendasar dari kesulitan yang dihadapi umat. Dengan demikian rasa tegar berorganisasi akan tumbuh, karena ada cita-cita kolektif yang ingin dicapai bersama. Hal ini sedapat mungkin beriringan dengan proses kaderisasi dan pemberdayaan yang bertujuan untuk membuat orang-orang terorganisasi di bawah bimbingan Mathla’ul Anwar, dan demikian lebih mudah memecahkan masalah-masalah sosial yang dihadapi mereka.
Di tengah tajamnya kompetisi sosial yang cenderung individual dan pragmatis, Mathla’ul Anwar dapat menawarkan nilai-nilai ketegaran hidup bermasyarakat sambil memberikan program-program alternatif, baik life skill maupun pengembangan wawasan. Di sini terdapat kepentingan yang sama antara tugas dakwah yang diemban Mathla’ul Anwar dengan program pemerintah daerah di bidang pendidikan dan sosial.
Dalam rangka merealisasi program tersebut pengurus Mathla’ul Anwar memang tidak dapat mengabaikan kepentingan politik penguasa. Pendekatan budaya tampaknya akan lebih mudah membangun saling pemahaman dan pengertian dalam menempatkan kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan bersama, ketimbang pendekatan ideologis yang belum tentu memiliki persepsi yang sama. Hal ini berlaku baik dengan pemerintah sebagai legalisator negara, maupun dengan kelompok masyarakat yang memiliki keragaman pandangan.

GEJALA KOTA
Mathla’ul Anwar harus bergerak dari kota ke desa, bukan sebaliknya. Meskipun di desa-desa terdapat basis Mathla’ul Anwar dalam jumlah yang paling besar, tetapi pergerakan dakwah dan pendidikan tidak lepas dari dukungan finansial, teknologi, informasi dan SDM (pemikiran) yang umumnya berada dan mudah di dapat di pusat-pusat perkotaan. Tanpa mengabaikan dukungan partisipasi, efektivitas pergerakan da’wah dan pendidikan akan jauh lebih cepat tumbuh di kota. Karena itu PW dan PD Mathla’ul Anwar harus mulai memikirkan untuk memanfaatkan potensi sumber daya, peluang dan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan pembangunan di wilayah perkotaan sebagai strategi bagi pengembangan organisasi di masa depan. Ia harus menjadi “gejala kota”, dan demikian akan selalu respons teradap berbagai perkembangan zaman. Semoga !

*) Penulis adalah alumni Mathla’ul Anwar tinggal di GPA Dalung, Kota Serang.

Membawa Mathla'ul Anwar Abad XXI

H.M. Irsjad Djuwaeli

Penerbit : PB. Mathla’ul Anwar

ISBN : 979-95158-0-7

Apakah yang akan terjadi pada organisasi besar seperti Mathla’ul Anwar (MA) pada abad ke 21 nanti ? Apakah ia semakin berkembang, mengalami kemunduran atau bahkan mati secara perlahan seperti dialami oleh beberapa organisasi kemasyarakatan lain ?

Pertanyaan seperti ini wajar muncul mengingat selama ini kita menyaksikan pasang surut sejak kelahirannya 93 tahun yang lalu. Perkembangan organisasi kemasyarakatan seperti Mathla’ul Anwar pada dasarnya tidak bisa dilepaskan dari perkembangan dan dinamika masyarakat itu sendiri. Sebab organisasi kemasyarakatan dibentuk dan berkiprah ditengah masyarakat. Maju mundurnya sebuah organisasi kemasyarakatan tentunya tergantung pada dukungan masyarakat itu sendiri. Jika dukungan masyarakat kuat, maka majulah organisasi kemasyarakatan itu, sebaliknya demikian pula akan mundur dan terbelakang.

Karena itu memprediksikan keadaan sebuah organisasi kemasyarakatan mendatang dasarnya adalah memprediksikan dan menganalisa kecendrungan kecendrungan yang akan terjadi pada masyarakat masa depan.

Kehadiran buku kecil ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai masa depan Mathla’ul Anwar, peluang-peluang dan tantangannya dalam menjalankan misi dakwah, pendidikan dan sosial di tengah-tengah masyarakat. Telaah mengenai peluang dan tantangan ini penting, sebab dengan mengenali keduanya kita dapat membuat perencanaan dan program-program strategis untuk masa depan

Andi Yudi Hendriawan

SEJARAH BERDIRINYA MATHLA'UL ANWAR

LATAR BELAKANG BERDIRINYA MATHLA’UL ANWAR

Kondisi Umum Masyarakat Banten

Sejak dihancurkannya kesultanan Banten pada tahun 1813 oleh Gubernur Jenderal Deandeles, praktis Banten dinyatakan daerah jajahan Belanda. Kekuatan Belanda di Banten memaksa perubahan, dan sejak itu seluruh daeah di Banten mengalami guncangan. Sebab ketika penetrasi kolonial secara intensif menyentuh kehidupan sehari-hari rakyat melalui pajak yang berat, pengerahan tenaga buruh yang berlebihan, dan peraturan yang menindas, serta tekanan militer yang represif, jelas realitas sosial-politik di Banten dirasakan sebagai kenyataan yang jauh dari apa yang mereka harapkan.

Kolonialisme sebagai bentuk penguasaan wilyah memiliki system administrasi yang sistematis dengan mengatur segala kewenangan organisasi sosial-politik di kawasan kolonial sesuai dengan keperluan negara jajahan. Sistem itu bertentangan dengan apa yang diharapkan dalam bentuk harmoni sosial.

Lebih dari itu kehadiran kolonialisme Belanda bukan hanya menghancurkan tata-niaga masyarakat pribumi, system ekonomi dan politik tradisional, tetapi juga menghancurkan system idiologi negara sebagai pemersatu bangsa, sehingga kesatuan rakyat di negara jajahan bercerai berai, yang juga mengakibatkan terjadinya koflik dan peperangan antar golongan dalam kebangkrutan politik tersebut. Demikianlah politik adu domba yang dilancarkan Belanda menyebabkan terjadinya perselisihan dan sengketa politik antar elite dan pewaris kesultanan yang tak jarang melahirkan peperangan local.

Perpecahan politik ini melengkapi kemunduran structural sosial masyarakat Banten. Kekacauan politik yang juga diikuti oleh kemerosotan ekonomi, sekaligus disertai dengan marginalisasi masyarakat. Sebagian penduduk kembali ke daerah-daerah pelosok pedesaan dan di sinilah pendidikan agama Islam dikembangkan dengan fasilitas yang seadanya dan dengan orientasi yang teramat anti-kolonialisme.

Ketika tata kehidupan tradisional yang membentuk harmoni sosial masyarakat mengalami penghancuran, sebagian mereka membentuk pandangan-pandangan baru dan tumbuhnya mitologi keagamaan yang kian mengental dalam kehidupan masyarakat. Demikian ini sebagian besar yang mayoritas petani kembali ke alam pikiran masa lalunya, semacam restorasi tradisi, dengan mencari tulang punggung ketenangan dan ketenteraman teologis yang pernah dirasakan sebelumnya.

Idiolegi keagamaan semacam itu menimbulkan rasa kebencian yang dalam terhadap kolonialisme. Sehingga sebagian dari elte agama membentuk fron perlawanan terhadap penjajahan Belanda tanpa henti. Guru agama/kyai tidak hanya mengambil jarak dengan pemerintah kolonial, tapi juga menjadikan kegiatan-kegiatan sosial-keagamaan itu dinyatakan sebagai jalan jihad melawan kolonialisme Belanda. Mereka memilih menjadi buronan yang selalu diawasi dan dikejar-kejar oleh pemerintah. Karena itu sering terjadi pemberontakan dan perlawanan walau banyak di antara para tokoh dan pimpinan agama Islam di Banten yang tertangkap dan kemudian dibuang ke negeri orang.

Juga tak sedikit para kyai/Guru Agama yang ‘uzlah meninggalkan keramaian kota dan masuk ke pedalaman. Kelompok ini membuka lembaran baru dengan cara bertani sambil mengajarkan ilmu agama Islam secara mandiri. Dengan demikian bahkan mereka tetap mempunyai akar yang kuat dan mendapat tempat terhormat di kalangan masyarakat.

Pada zaman ini muncul kembali kepercayaan-kepercayaan tradisional sebagai bentuk simbolisme harmoni hubungan manusia dengan lingkungan alamnya. Masyarakat petani yang walaupun sudah memluk agama Islam, jika memulai menuai padi, terlebih dahulu akan mengadakan upacara “mipit”. Upacara ini adalah membuat sesajian untuk menyuguh Dewi Sri atau Sri Pohaci yang dipercaya sebagai dewi padi yang berwenang untuk memberkahi padi. Suatu jangjawokan (mantera dalam bahasa Sunda) yang sudah menjadi aksioma adalah “mipit” amit ngala menta”. Artinya, mengambil apa pun dari suatu tempat, berupa apa saja, harus izin terlebih dahulu kepada roh halus yang menguasai tempat tersebut. Kalau setelah melakukan sesuatu kemudian mendapat musibah, seperti sakit kepala atau demam, atau tersandung apa saja, kemudian akan dihubung-hubungkan dengan perbuatan yang dianggap sembrono (sembarangan). Yaitu tidak minta izin kepada yang membahurekso (bahasa Jawa) atau nu ngageugeuh (bahasa Sunda). Untuk itu kemu-dian masyarakat akan menanya kepada orang yang dianggap tua dan mengerti tentang yang gaib, yang biasanya berupa seorang dukun. Sang dukun kemudian akan memberikan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan sebagai langkah penebusanatas kesalahannya.

Pada upacara walimah (pernikahan/khitanan), sang pengantin pria/wanita sebelum melaksaakan akad nikah atau pada saat si anak dikhitan, mereka harus terlebih dahulu mengunjungi leluhurnya untuk memohon do’a restunya, agar tidak terjadi sesuatu bencana aral melintang yang mungkin mengganggu jalannya upacara tersebut.

Setiap orang yang melewati tempat yang dianggap angker harus mengucapkan mantera minta izin kanu ngageugeuh (yang membahurekso), yaitu roh halus yang menmpati tempat itu. Misalnya saja dengan kalimat “ampun paralun kanu luhung”, “sang karuhun anu ngageugeuh, danginang anu nga-wisesa, ulah ganggu gunasita, kami incu buyut ki………..” (biasanya dengan menyebutkan nama leluhurnya). Misalnya ki buyut Ance, ki buyut Sawi, ki Jaminun dan sebagainya.

Pengalaman-pengalaman budaya seperti itu merupakan bentuk sumbolisme atas harapan adanya ketenangan dan ketentraman kehidupan, yang pada saat itu tak pernah dirasakan karena kuatnya tekanan koloni Belanda. Idiologi tradisionalisme itu juga merupakan respon atas hancurnya idiologi politik dan agama yang mereka anut, setalah kedudukan dan struktur sosial terganggu dan hancur.

Dalam pada itu tingkat kejahatan merajalela Perampokan, pembunuhan, perkelahian terjadi hampir setiap saat. Sedangkan usaha penanggulangan oleh pemerintah Belanda hanya cukup dengan mendirikan rumah-rumah penjara mulai dari kota besar sampai kota kecil. Rumah tahanan atau penjara di bangun di kota-kota kewadanaan seperti Menes, Labuan, Malingping, Balaraja, Mauk dan tempat-tempat lain yang sederajat. Akibatnya, para bekas narapidana semakin mematangkan diri dalam melakukan aksi kejahatannya, karena selama di dalam penjara, bukannya semakin baik dan jera, tetapi semakin matang dan kian semakin menambah kualitasnya.

Walaupun demikian, sebenarnya, kejahatan-kejahatan itu dilakukan hanya dengan menggunakan senjata tajam tradisional seperti golok, pisau, dan lain-lain. Hal itu ada kepercayaan atas benda-benda tajam itu yang dianggapnya mengandung kekuatan gaib.

Kondisi Pendidikan

Di bawah kekuasaan Belanda rakyat Banten bukan bertambah baik, malah semakin melarat dan terbelakang. Kondisi ini hampir dialmai oleh seluruh rakyat di seluruh nusantara. Guna mengatasi permasalahan tersebut pemerintah Belanda memberlakukan politik etis. Program politik etis yang dijalankan oleh pemerintah Belanda, di antaranya membuat irigasi buat mendudung pertanian rakyat dan menyelenggarakan sekolah bagi bumiputra. Ternyata program tersebut gagal memberikan manfaat bagi penduduk desa. Hal ini terjadi, karena yang bisa menikmati sekolah itu hanya sebagian kecil rakyat saja terutama orang-orang yang berada di kota dan siap jadi calon ambtenar (pegawai Belanda).

Sedangkan di kalangan rakyat kebanyakan, tidak terjangkau oleh sistem pendidikan ini. Disamping jumlah yang sangat sedikit (hanya di kota-kota kewadanaan saja yang disediakan sekolah), juga syarat untuk dapat belajar sangat berat, dan cen-derung sengaja dipersulit, dengan alasan bermacam-macam.

Tujuan Belanda menyelenggarakan sekolah, seperti di-katakan di atas, adalah untuk menyiapkan calon pekerja ambtenar yang jumlahnya tidak perlu banyak. Sebagian besar rakyat bumi putra hanya dibutuhkan sebagai pekerja kasar yang tidak memerlukan pengetahuan yang tinggi, yang penting asal bertenaga kuat.

Pendidikan Islam yang masih ada ialah pondok pesantren yang diselenggarakan oleh para Kyai secara individual dan tradisional. Pendidikan ini penuh dengan segala keterbatasannya, baik dalam hal sarana, dana, maupun manajemennya. Ditambah pula dengan kondisi yang tidak aman dari berbagai pengawasan oleh pemerintah Belanda. Pihak penjajah beranggapan bahwa kharisma keagamaan yang tersimpan dalam jiwa para Kyai itu masih mengundang semangat anti kafir/ penjajah, yang bila ada peluang pasti meletuskan api pembe-rontakan terhadap pemerintah penjajah.

Berdirinya Madrasah Pertama

Keadaan tersebut menggelisahkan masyarakat dan mematikan semangat umat dan pada gilirannya akan menghilangkan ajaran Islam yang telah ditanamkan oleh para pejuang terdahulu. Oleh karenanya orang-orang yang baru saja pulang menunaikan ibadah haji atau mukim di Mekkah yang lama menimba agama Islam, sudah tentu merupakan sesuatu yang sangat menarik perhatian bagi masyarakat Banten.

Di tengah hiruk pikuknya dan galaunya kemungkaran di dalam masyarakat yang dilanda kemiskinan, kebodohan dan kejumudan yang diselimuti pula oleh kabut kegelapan dan kebingungan muncullah seberkas sinar harapan yang diharapkan akan membawa perubahan di hari kemudian.

Tersebutlah K.H.E. Moh. Yasin yang baru kembali dari menghadiri rapat yang diselenggarakan di Bogor oleh para ulama yang mendambakan kahidupan umat yang lebih baik. Gerakan ini dipelopori oleh Haji Samanhudi dalam rangka mendirikan Syarikat Dagang Islam (SDI) pada tahun 1908 M. Beliau mendatangi rekan-rekan ulama yang ada disekitar Menes, antara lain Kyai H. Tb. Moh. Sholeh dari kampung Kananga dan beberapa orang kyai lainnya. Tujuan pertemuan tersebut adalah untuk bermusyawarah dan bertukar pikiran, yang akhirnya melahirkan kata sepakat untuk membentuk suatu majelis pengajian yang diasuh bersama. Pengajian ini juga dijadikan lembaga muzakarah dan musyawarah dalam me-nanggulangi dan memerangi situasi gelap itu ialah dengan harapan muncul seberkas sinar, yang kemudian menjadi nama MATHLA’UL ANWAR (bahasa Arab, yang artinya tempat lahirnya cahaya).

Militansi K.H. Entol Moh. Yasin dari Kaduhawuk, Menes ini tak pernah memudar dalam keinginan untuk memajukan umat melalui pendidikan. Beliau menghendaki kemajuan umat hanya mungkin melalui pendidikan. Bukankah Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barang siapa yang menginginkan dunia haruslah dengan ilmu, barangsiapa meng-inginkan akhirat haruslah dengan ilmunya, dan barang siapa yang menginginkan keduanya haruslah dengan ilmu”. Dan hadits yang lain : “Ilmu itu adalah cahaya”.

Beranjak dari sini agaknya pertemuan, akhirnya melahirkan sebuah kata sepakat untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan Islam yang dikelola dan diasuh secara jama’ah dengan mengkordinasikan berbagai disiplin ilmu, terutama ilmu Islam yang dianggap merupakan kebutuhan yang mendesak.

Perjuangan mengangkat dan membangkitkan umat dari lembah kegelapan dan kemiskinan yang menimbulkan keterbelakangan, tidak cukup sekedar dengan mengadakan pengajian bagi generasi tua saja. Untuk itu dituntut langkah lebih lanjut lagi, yaitu lahirnya generasi berikutnya yang justru merupakan sasaran utama yang diharapkan mampu mengubah situasi (min al zhulumati ila al nur).

Berdirinya Mathla’ul Anwar

Guna mencari pemecahan masalah tersebut, para kyai mengadakan musyawarah di bawah pimpinan KH. Entol Mohamad Yasin dan KH. Tb. Mohamad Sholeh serta para ulama yang ada di sekitar Menes, bertempat di kampung Kananga. Akhirnya, setelah mendapatkan masukan dari para peserta, musyawarah mengambil keputusan untuk memanggil pulang seorang pemuda yang sedang belajar di Makkah al Mukarramah. Ia tengah menimba ilmu Islam di tempat asal kelahiran agama Islam kepada seorang guru besar yang juga berasal dari Banten, yaitu Syekh Mohammad Nawawi al Bantani.

Ulama besar ini diakui oleh seluruh dunia Islam tentang kebesarannya sebagai seorang fakih, dengan karya-karya tulisnya dalam berbagai cabang ilmu Islam. Siapakah pemuda itu ? Dialah KH. Mas Abdurrahman bin Mas Jamal, yang lahir pada tahun 1868, di kampung Janaka, Kecamatan Jiput, Kawedanaan Caringin, Kabupaten Pandeglang, Karesidenan Banten.

KH. Mas Abdurrahman bin KH. Mas Jamal kembali dari tanah suci sekitar tahun 1910 M. Dengan kehadiran seorang muda yang penuh semangat untuk berjuang mengadakan pembaharuan semangat Islam, bersama kyai-kyai sepuh, dapatlah diharapkan untuk membawa umat Islam keluar dari alam gelap gulita ke jalan hidup yang terang benderang, sesuai ayat al-Qur’an “Yukhriju hum min al dzulumati ila al nur”.

Pada tanggal 10 bulan ramadhan 1334 H, bersamaan dengan tanggal 10 Juli 1916 M, para Kyai mengadakan suatu musyawarah untuk membuka sebuah perguruan Islam dalam bentuk madrasah yang akan dimulai kegiatan belajar mengajarnya pada tanggal 10 Syawwal 1334 H/9 Agustus 1916 M. Sebagai Mudir atau direktur adalah KH. Mas Abdurrahman bin KH. Mas Jamal dan Presiden Bistirnya KH.E. Moh Yasin dari kampung Kaduhawuk, Menes, serta dibantu oleh sejumlah kyai dan tokoh masyarakat di sekitar Menes.

Selengkapnya para pendiri Mathla’ul Anwar :

· Kyai Moh. Tb. Soleh

· Kyai E.H. Moh Yasin

· Kyai Tegal

· Kyai H. Mas Abdurrahman

· K.H. Abdul Mu’ti

· K.H. Soleman Cibinglu

· K.H. Daud

· K.H. Rusydi

· E. Danawi

· K.H. Mustagfiri

Adapun tujuan didirikannya Mathla’ul Anwar ini adalah agar ajaran Islam menjadi dasar kehidupan bagi individu dan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka disepakati untuk menghumpun tenaga-tenaga pengajar agama Islam, mendirikan madrasah, memelihara pondok pesantren dan menyelenggarakan tablig ke berbagai penjuru tanah air yang pada saat itu masih dikuasai oleh pemerintah jajahan Belanda. Pemerintah kolonial telah membiarkan rakyat bumi putra hidup dalam kebodohan dan kemiskinan.

Program Pendidikan Mathla’ul Anwar

Untuk sementara, kegiatan belajar diselenggarakan di rumah seorang dermawan, di kota Menes. Beliau merelakan tempat tinggalnya digunakan untuk tempat belajar bagi umat. Tokoh ini adalah K.H. Mustagfiri.

Selanjutnya, setelah mendapatkan sebidang tanah yang diwakafkan Ki Demang Entol Djasudin, yang terletak di tepi jalan raya, dibangunlah sebuah gedung madrasah dengan cara gotong-royong oleh seluruh masyarakat Islam Menes. Sampai kini gedung tersebut masih berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan Madrasah Ibtidaiyyah, Sekolah Dasar Islam dan Taman Kanak-kanak Mathla’ul Anwar. Gedung tersebut tidak lain ialah pusat perguruan Islam Mathla’ul Anwar yang terletak di kota Menes, Pandeglang.

Mengenai program pendidikan diselenggarakan program pendidikan 9 (sembilan) tahun. Yaitu mulai dari kelas A, B, I, II, III, IV, V, VI dan kelas VII. Belum ada pemisahan tingkat Ibti-daiyah dan tingkat Tsanawiyah. Disamping pendidikan dengan sistem klasikal dalam bentuk madrasah, sebagai langkah modernisasi; juga dibuka lembaga pendidikan dengan sistem pesantren. Model ini tetap dihidup-suburkan, bahkan dikore-lasikan dengan sistem sekolah. Guru-guru yang mengajar di madrasah pada pagi hari, pada sore dan malam harinya, di rumah masing-masing, tetap menyelenggarakan pengajian dengan sistem pesantren dan menampung santri yang datang dari berbagai daerah untuk belajar di madrasah Mathla’ul Anwar.

Santriwan dan santriwati yang telah menyelesaikan masa pendidikan selama 9 (sembilan) tahun, yaitu tamat kelas VII, dikirim ke berbagai tempat/daerah untuk menda’wahkan ajaran Islam dalam bentuk baru, yaitu mendirikan madrasah Mathla’ul Anwar cabang Menes, dengan diantar oleh Pengurus Mathla’ul Anwar Menes. Mereka diberi bisluit atau Surat Tugas mengajar dari Presiden of Bestur Mathla’ul Anwar dengan semangat iman dan keyakinan terhadap janji Allah yang berbunyi : In tanshuru Allah yanshuru kum. Artinya, jika engkau menolong agama Allah, pasti Allah akan menolongmu. Maka tidaklah menghe-rankan jika pada tahun 1920-an sampai dengan tahun 1930-an, di Lampung, Lebak, \serang (Kepuh), Bogor, Tangerang, Karawang dan tempat-temapat lain, sudah berdiri madrasah Mathla’ul Anwar cabang Menes, hanya diizinkan menye-lenggarakan madrasah sampai kelas IV (empat), sedangkan untuk kelas V, VI dan VII harus belajar di Menes.

Pada tahun 1929 didirikan madrasah putri Mathla’ul Anwar dengan tiga tokoh yang menjadi pimpinannya yaitu : Nyi. H. Jenab binti Yasin, Nyi Kulsum, dan Nyi Aisyah. Disamping kegiatan belajar mengajar di madrasah dan pesantren bagi murid-murid, juga setiap hari Kamis setiap pekan seluruh guru diwajibkan mengikuti pengajian yang diselenggarakan di masjid Soreang, Menes. Di situ KH. Mas Abdurrahman menetap dan sekaligus sebagai pengajian pusat. Tujuannya adalah dalam rangka memperluas dan memperdalam ilmu Islam. Dengan cara itu, akhirnya kyai-kyai pimpinan Mathla’ul Anwar dapat berfikir dan berwawasan luas, tidak mengurung diri dalam satu pendapat seorang ulama saja.

Untuk membangun dan memelihara madrasah Mathla’ul Anwar, diusahakan dengan cara gotong-royong, baik tenaga manusianya maupun dananya. Untuk itu dihimpun shadaqoh jariyah, wakaf dan jimpitan (beras remeh), yang diseleng-garakan oleh jama’ah Majlis Ta’lim ibu-ibu. Caranya, setiap kali hendak masak nasi diambil satu sendok makan dari beras yang akan dimasak dan ditampung dalam tempat tersendiri.

Selanjutnya, beras dihimpun oleh petugas yang biasanya terdiri dari seorang janda iskin dengan mendapat imbalan sepuluh persen dari hasil pungutannya. Para janda miskin ini kemudian menyetor kepada para kader yang mengikuti pengajian pada setiap hari Kamis yang menyerahkan lagi kepada kordinator pusat Mathla’ul Anwar. Usaha yang tidak terasa namun nyata ini, akhirnya mampu menghimpun suatu kekuatan yang tidak kecil. Diantara sekian tanda bukti yang tidak bisa dilipakan ialah adanya beberapa bidang tanah yang dibeli dari hasil pungutan beras jimpitan (beras remeh) dan hingga kini tempat itu dinamakan “Kebon remeh”, milik Mathla’ul Anwar. Bukti ini, tidak boleh dilupakan oleh generasi selanjutnya.

Pada tahun 1940 didirikan Madrasah Arabiah (Sekolah Arab) yang khusus memberi pelajaran bahasa Arab, untuk itu didatangkan seorang guru dari Salatiga yaitu KH. Humaedi disamping itu beberapa pemuda dikirim ke Jakarta (sekolah Jamiatul Khaer) untuk calon-calon guru. Dan untuk mempela-jari ilmu Falak didatangkan guru dari Pekalongan (KH. Syabrawi dan diadakan kursus ilmu falak bagi guru-guru Mathla’ul Anwar).

Untuk mencetak para muballig diadakan kursus muballig yang dinamai cm. Yang diikuti para santri-santri dan guru-guru serta pemuda-pemuda. Disamping adanya kursus mubalig bagi murid-murid/pelajar madrasah mulai tingkat rendah sampai tingkat atas, pada tiap-tiap kenaikan kelas Ichtifalan diadakan pidato anak-anak sekolah untuk mendidik mereka pandai pidato dan tablig.

Untuk menampung para pelajar yang datang dari daerah-daerah, didirikan pondok-pondok pesantren di sekitar Menes, antara lain di Kananga yang paling besar yang dipimpin oleh KH. Tb. Ahmad, seorang alumni pertamapendidikan di Mathla’ul Anwar. Para santri yang mondok di Kananga datang dari Bogor, Tangerang, Lampung dan lain-lain, sampai ratusan jumlahnya. Kananga adalah satu kampung di kaki gunung pulosari merupakan tempat cikal bakal Mathla’ul Anwar, sebab disitulah K. Tb. Moh. Sholeh tinggal dan setibanya KH. Mas Abdurrahman dari Makkah tinggal di Kananga dan menikah dengan putri dari KH. Tb. Moh. Sholeh, dan selanjutnya pindah ke Soreang Menes, dan di Soreang inilah dibangun pesantren. KH. E. Muhamad Yasin adalah seorang ulama intelek yang berwawasan luas, dan ia seorang putra dari seorang jaksa.

Lahirnya Statuten Mathla’ul Anwar

Peristiwa pemberontakan rakyat terhadap pemerintahan Belanda pada tahun 1926 di Menes dan Labuan, tanpa disadari oleh para tokoh dan pimpinannya, telah membuat Mathla’ul Anwar bertambah besar dan meluas. Pemberontakan, yang oleh pihak Belanda disebut sebagai pemberontakan Komunis, menyebabkan para tokoh dan pimpinan Mathla’ul Anwar selalu dicurigai dan diawasi oleh aparat pemerintahan, terutama pihak P.I.D (polisi rahasia kolonial Belanda). Hal ini terjadi karena diantara pelaku pemberontakan terdapat tokoh dan orang-orang Mathla’ul Anwar. Meskipun mereka tidak dalam kapasitasnya sebagai tokoh dan warga Mathla’ul Anwar, tetapi dalam kedudukannya sebagai anggota Serikat Islam (?) Sebagian dari mereka bahkan ada pula yang dibuang ke Boven Degul, Tanah Merah, Irian antara lain : K. Abdulhadi Bangko, Khusen Cisaat dan lain-lain.

Dengan adanya pengawasan dan kecurigaan yang amat ketat di Pandeglang, Khususnya di Menes dan Labuan, aktivitas para pimpinan Mathla’ul Anwar di daerah tersebut menjadi berkurang dan terpaksa harus berhati-hati sekali. Para kyai dan ulama Mathla’ul Anwar kemudian bergerak menyebar-luaskan Mathla’ul Anwar ke luar daerah, mengirimkan kader-kader dan para abituren (lulusan) madrasah Mathla’ul Anwar Menes ke daerah-daerah di luar Pandeglang. Diantaranya ke kabupaten Lebak, Serang, Tangerang, Bogor, Karawang dan di Keresidenan Lampung.

Pada tahun 1936 jumlah madrasah Mathla’ul Anwar sudah mencapai 40 buah yang tersebar di tujuh daerah tersebut di atas. Pada waktu itu perhatian terhadap Mathla’ul Anwar tidak lagi terbatas dari kalangan kaum pelajar (intelektual) pun mulai ikut berpartisipasi aktif. Karena itu, dan sesuai pula perkembangan Mathla’ul Anwar, maka timbulah gagasan-gagasan untuk meningkatkan kualitas perkembangan organisasinya, baik yang bersifat teknis pedagogis, maupun adsministratif organisasi dan keanggotaannya.


Diposkan oleh Andi Yudi Hendriawan di 19:13
0 komentar:

Poskan Komentar



Followers